Kayaker Internasional Incar Solok Selatan
Sebagai Destinasi Wisata Petualangan

Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mulai diincar oleh para aktivis Kayak Arus Deras atau Whitewater Kayaking sebagai tempat tujuan wisata petualangan. Karena, daerah ini memiliki sungai-sungai yang bervariasi dan berarus deras yang sangat ideal sebagai tempat petualangan kayak arus deras. Terutama jeram-jeram dan air terjun yang sangat menantang buat para penggemar kayak kelas berat.
Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Solok Selatan, DR. Yul Amri, mengungkapkan hal itu kepada pers di Padang Aro, Solok Selatan, kemarin.
Sungai-sungai di wilayah kami memiliki tingkat kecuraman ideal bagi kegiatan kayak dan arung jeram. Dari yang mudah, sedang, hingga yang ekstrem semua ada di Solok Selatan. Itu menarik aktivis kayak internasional untuk mengunjungi kabupaten kami“, kata beliau.
Potensi itu, kata DR. Yul Amri, tidak akan disia-siakan. Untuk itu, pihaknya telah merancang sebuah program untuk menjadikan Solok Selatan sebagai destinasi wisata kayak dan arung jeram. Keseriusan Pemda Kabupaten Solok Selatan terlihat dengan telah dimasukkannya anggaran untuk menunjang olah raga ini ke dalam APBD 2010.

 

Sebagai langkah awal, pihaknya telah melakukan survei potensi sungai beberapa waktu yang lalu. Survei itu akan dilanjutkan lagi dengan Survei dan Eksibisi Kayak.

 

Survei akan digelar mulai 18 – 24 November 2009. Survei itu akan dilakukan bekerja sama dengan Komunitas Kayak Tirtaseta, sebuah kelompok yang selama ini dikenal aktif menggeluti kegiatan kayak arus deras di tanah air.

 

Selanjutnya, pada 25 – 26 November 2009 akan dilaksanakan sebuah kegiatan Photo Sessions yang diperuntukkan bagi para fotografer. Dalam kegiatan photo sessions tesebut, para kayaker akan melakukan eksibisi dengan mengarungi sungai-sungai yang memiliki tantangan dan pemandangan menarik. Sedangkan para fotografer diberikan kesempatan untuk memotret aksi para kayaker di sungai-sungai terpilih yang telah disurvei pada 18-24 November. Acara photo sessions itu akan berlangsung atas kerja sama dengan situs fotografi pariwisata: www.West-Sumatra.com.

 

Sebuah foto yang baik dapat bercerita lebih kuat dari sejuta kata-kata. Melalui foto, para kayaker internasional akan mengenal daya tarik wisata kayak di Solok Selatan yang luar biasa menantang dan masih perawan alamnya. Kelak hasil jepretan para fotografer akan dimuat di West-Sumatra.com dan situs-situs dunia lainnya“, kata Nofrins Napilus, tokoh pariwisata Sumbar yang juga pemilik West-Sumatra.com dan Ketua Bidang Pariwisata DPP HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia).

Kayaker Internasional

Sementara itu, Ketua Komunitas Kayak Tirtaseta, Toto Triwindarto, mengatakan, atas mandat yang diberikan oleh Pemda Solok Selatan, pihaknya telah mengundang para kayaker internasional untuk datang ke Solok Selatan. “Sesunguhnya, setelah

mereka melihat foto-foto sungai-sungai di Solok Selatan melalui situs www.west-sumatra.com, mereka banyak sekali yang ingin berkunjung ke Solok Selatan. Tetapi, mengingat ini belum merupakan event resmi dan baru pada tahap survei, kami sementara ini masih melakukannya secara terbatas dulu“, kata kayaker yang memililiki pengalaman dan sertifikat kayak dan arung jeram dari Selandia Baru dan Kanada tersebut.

Menurut Toto, ada 4 (empat) orang kayaker luar negeri yang telah berkomitmen dan menyatakan konfirmasi menghadiri acara survei dan eksibisi yang telah dijadwalkan. Mereka akan mendarat di BIM (Bandara Internasional Minangkabau) pada hari Sabtu 14 November 2009 jam 20.40. Di BIM akan ada pengalungan bunga untuk tamu istimewa tersebut oleh Uda & Uni Solok Selatan sebagai bentuk ungkapan kehangatan sambutan di Ranah Minangkabau.

 

Mereka para kayaker yang memiliki reputasi di dunia kayak internasional. Mereka juga  entepreneur yang siap membantu mengembangkan wisata petualangan kayak di Solok Selatan“, kata Toto. Selain itu, 2 orang dalam rombongan itu juga terdapat fotografer dan penulis khusus wisata kayak arus deras yang akan memotret dan mempromosikan kegiatan kayak arus deras di Solok Selatan ini ke media-media di dunia internasional.
Toto berharap agar kegiatan survey dan eksibisi kayak di Solok Selatan berlangsung sukses dan memberikan kontribusi positif untuk mewujudkan visi Solok Selatan sebagai destinasi Wisata Kayak dan Arung Jeram di Indonesia. Sekaligus ikut mendukung Visit Indonesia Years di tahun-tahun mendatang. Terima kasih…

 

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

DR. Yul Amri : 0819 754 7720 – y_amri@yahoo.com

Toto Triwindarto : 0815 680 6771 – tirtaseta@yahoo.com (0813 7449 2464)

Nofrins Napilus : 0811 91 8008 – info@west-sumatra.com

 

Ini hanya contoh foto-foto olah raga Kayak di luar negeri, diambil dari Internet.

Wisata Solok Selatan

Solok Selatan Mamabangkik Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: