Solsel: Air Terjun Timbulun

Timbulun

Oleh K Suheimi

Kami seberangi sungai yang cukup lebar yang dalamnya hanya selutut, sungai timbulu kemudian kami berjalan lagi setelah 1 km kami seberangi lagi sungai yang air jernih sekali berasal dari air terjun Timbulun Indah, ditempat yang dangkal sambil beremburan air saya percikkan air itu pada dr Jusar Sulin, Martina dan bidan Netti dan 2 orang lagi perawat penata anastesi Kemudian kami titi Pipa air besar Pipa yang berasal dari Timbulun. Dari Pipa besar iniilah air jerih dan bersih sejak zaman Belanda dialirkan ke kota painan untuk mandi dan minum Makin terbersit hati ini menyaksikan air terjun yang tujuh Tingkat itu

Menjelang sampai di airterjun itu kita melewati 2 air terjun yang tidak tinggi

Setelah melewati jalan setapak dan menyeberangi sungai 2 kali dan menikmati 2 air terjun sampailah kami ke pemandangan yang sepektakuler yaitu Airterjun yang indah sekali “Timbulun Indah”

Siang itu terasa indah sekali kerna percikan air terjun yang ditimpa sinar matahari membuat pelangi-pelangi berwarna warni Sehingga ada yang membayangkan bidadari turun dari surga mandi di air terjun ini, memang indah sekali kilauan-kilauan warna warni yang tercipta Pelangi-pelangi alangkah indahmu, putih kuning mrah dlangit yang biru.

Penciptamu agung siapa gerangan. Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan

Pohon-pohon besar tinggi dan rindang menyejukan dan sekaligus memberikan aroma yang mengagumkan. Mengagumkankan karena dari celah daun yang rindang itu diitemus oleh matahari, pantulan Lumut hijau di bebatuan menyebabkan perpaduan warna yang mengaguman “Subhanallah bisik saya didalam hati”

Badan yang basah oleh keringat selepas berjalan 3 km ditambah teriknya panas dii siang bolong kota painan, setiba di Timbulun berobah jadi sejuk sekali Dimanapun kita berada terpercik oleh tempias air terjun ini.

Air yang bening jernih mengalir mengundang kita untuk berendam berenang dan menyelam Kesempatan itu saya gunakan dengan sebaik-baiknya. Satu demi satu baju saya lepas. Oh betapa nikmatnya, betapa sejuk dan dingiinya air ini sampai mengigil baru saya keluar setelah puas menyelam dan berenang

Terima kasih ya Allah telah kau hantar kami ke suatu temat bagaikan tempat bidadari sorga Mu berenang

Air Terjun Timbulun ini terletak di kampung Painan Timur,Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan,jaraknya kira-kira 3 km dari pusat kota Painan.

Air Terjun Timbulun ini memiliki keindahan tersendiri,air terjunnya yang terdiri dari beberapa tingkat ini memiliki bentuk air terjun dan lubuk yang berbeda-beda.

Pada air terjun tingkat pertama,yaitu air terjun yang pertama kali kita jumpai begitu kita sampai di lokasi Timbulun,disini didapati sebuah lubuk yang agak besar yang bagus untuk mandi,lubuk disini makin ketengah makin dalam.

Pada Air terjun tingkat kedua,air terjun ini agak melandai,air terjunnya bergemuruh diselah-selah bebatuan,pada tempat jatuhnya air ada lubuk yang indah yang seluruh tebing dan dasar lubuknya terdiri dari batu yang dibentuk oleh alam,Lubuk Air Terjun Timbulun tingkat kedua inilah yang paling indah untuk mandi-mandi.

Bertambah naik lagi kita keatas,ke air terjun Timbulun tingkat ketiga,air terjun ini tegak vertikal kira-kira 15 meter,juga mempunyai lubuk yang dalam,air disini agak kehijauan

Pertanda lubuk tersebut dalam,disini jarang orang yang mandi-mandi dikarenakan letaknya yang agak jauh dan untuk mencapai tempat ini harus menyeberangi aliran air terjun yang cukup deras.Juga pada air terjun ketiga ini hutan disekitarnya masih lebat dan kurang cahya matahari karena tertutup rimbunnya daun kayu yang tumbuh di sekitarnya.

Walau Air terjun Timbulun tingkat ketiga ini termasuk jarang di kunjungi orang tetapi air terjun ini memeliki pesona tersendiri dibandingkan dengan air terjun Timbulun tingkat pertama atau kedua,karena jika kita berada disini tidak ada yang tidak basah,hal ini disebabkan oleh gemercik air yang membias dari air terjun ini.

Dengan adanya gemercik air dari air terjun ini jika matahari bersinar terik,sinarnya yang berhasil menembus celah-celah rimbunya dedaunan akan menciptakan sebuah nuansa keindahan pelangi di air terjun Timbulun tingkat ketiga ini.

Air terjun indah yang berair sangat sejuk ini hulunya berada di areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara ke samudera Indonesia atau di teluk Painan.

Painan september 1991

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: