Sumbar Nan Lengkap Indah

Travel
2 Juli 2011 | 05.42 WIB

KOMPAS.com — Alam begitu memanjakan Sumatera Barat (Sumbar). Bagaimana tidak, Sumatera Barat bagai paket lengkap wisata alam, mulai dari pantai, gunung, danau, sungai, bukit, hingga goa. Di Sumbar terdapat beberapa danau dengan ukuran yang begitu luas.


Jika mata Anda terpejam saat datang ke salah satu danau tersebut, lalu mata baru terbuka saat berada di tepi danau, bisa jadi Anda berpikir sedang berada di tepi laut. Sebagian besar danau yang menjadi primadona wisata berada di Kabupaten Solok, misalnya Danau Kembar. Adapun Danau Singkarak berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, sedangkan Danau Maninjau berada di Kabupaten Agam.

Danau Maninjau

Danau ini merupakan danau vulkanik atau danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. Panorama Danau Maninjau dengan latar belakang bukit begitu elok. Danau ini adalah danau terluas kedua di Sumatera Barat. Jangan lewatkan berwisata kuliner di Danau Maninjau. Ikan bada adalah salah satu yang harus Anda cicipi saat mampir ke danau tersebut.

Lalu arahkan perjalanan menanjak dan lewati Kelok Ampek-ampek atau Kelok 44. Kelokan tajam dan pendek berjumlah 44 siap mengocok perut Anda. Namun, pemandangan sawah hijau dan Danau Maninjau akan memesona Anda. Apalagi udaranya yang sangat sejuk. Karena itu, sesekali di antara kelokan sempatkan diri untuk berhenti menikmati pemandangan.

Danau Kembar

Mengapa disebut Danau Kembar? Sederhana saja, karena sebenarnya Danau Kembar terdiri dari dua danau. Kedua danau tersebut adalah Danau Di Atas dan Danau Di Bawah. Air yang jernih dan udara sejuk khas pegunungan membuat banyak wisatawan yang mampir ke Sumatera Barat mengincar pelesir ke danau vulkanik tersebut.

Perjalanan menuju Danau Kembar juga tak kalah cantik. Saat melintas daerah Kayu Aro, Anda akan melihat hamparan kebun teh. Sementara itu, di kawasan Danau Kembar dengan mudah Anda akan menemukan hasil kebun, seperti stroberi dan markisa. Penginapan di kawasan ini juga tumbuh subur karena Danau Kembar selalu menjadi favorit wisatawan di Sumbar.

Danau Singkarak

Inilah danau terluas di Sumatera Barat. Beberapa warung makan bermunculan di kawasan tepi danau. Sambil menikmati makan siang, pengunjung pun bisa melihat panorama Danau Singkarak. Selintas, luasnya Danau Singkarak membuat Anda merasa sedang di tepi laut. Namun, air yang tenang membuat Anda tersadar kembali bahwa di depan mata adalah danau.

Ikan bilih atau ikan danau yang kecil menjadi salah satu kuliner wajib saat mampir ke Danau Singkarak. Hati-hati saat berbelanja ikan bilih. Sudah menjadi pengetahuan umum kalau pedagang ikan bilih menaikkan harga hingga 100 persen untuk wisatawan.

Seperti masalah yang sering dihadapi tempat wisata lainnya di Indonesia, Danau Singkarak pun harus berjuang dengan tumpukan sampah dari wisatawan maupun penduduk setempat. Namun, jangan cepat beranjak dari tepi danau. Manjakan mata Anda dengan keelokan Danau Singkarak yang diterpa sinar jingga dari matahari terbenam.

⁠Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F ⁠ ⁠Editor: I Made Asdhiana

http://m.kompas.com/news/read/2011/07/02/05420735/danau-primadona-pariwisata-sumbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: