Ekspedisi Danau Karst “Tarusan Kamang”

Sekilas Ekspedisi Tarusan Kamang 23Feb 2013 (Andang Purnama, Nofrins, Kurnia) 

Dari tracking kasar sepanjang tepian danau kemaren didapatkan angka luasan badan air Tarusan Kamang seluas 38Ha atau 0.38Km2. Bentuknya memanjang Barat-Timur dengan sisi Timurnya berarah Baratlaut Tenggara. Pada sisi Timur didapatkan bukti nyata patahan aktif yaitu tebing dan runtuhan patahan dengan bekas2 slicken side (gores garis) pd bidang patahan yg arah geraknya ke Selatan (N350E). Selain itu didapatkan bukti bahwa dataran tepian danau berumput hijau tempat pusat kegiatan/kerumunan kemaren, ternyata adalah suatu KIPAS ALLUVIAL yang merupakan ciri dari morfologi patahan normal yang aktif. Patahan Baratlaut – Tenggara yang merupakan bagian dr PATAHAN SUMATRA tsb berpasangan dengan patahan Barat-Timur yang membatasi bagian selatan danau. Bukti kehadiran patahan Barat Timur ini adalah arah bidang2 rekah pada batugamping yg kemarin dikunjungi dan juga kipas aluvial yang dimensinya Iebih kecil tempat pak Imran dkk kemarin mengolah/mengerjakan batang2 bambu. Pada pengeplotan hasil tracking ke peta SRTM didapatkan bukti penunjang morfologi yang menguatkan dugaan bahwa Danau Tarusan Kamang ini selain punya sifat DANAU KARST juga punya komponen DANAU TEKTONIK PISAH REGANG. 

Selain menemukan dominasi batugamping kristalin termarmerkan terekahkan (xtallin marbleized fractured limestone) preliminary expedition kemaren juga menemukan Lapisan2 Filit melapuk di dinding2 tempat parkir dan juga bongkah2 kwarsit di pulau beringin di tengah danau. Jenis2 batuan yg terakhir tsb termasuk kedalam kelompoK Formasi Kuantan yg umurnya sama tuanya dg batugamping xtallin. 

Sampel2 batuan dan juga sedimen danau modern telah diambil untuk nanti dianalisis di laboratorium petrografi dan palinologi untuk menentukan sifat dan umur batuan maupun umur pembentukan danau. 

Seperti yg diterangKan berkali-2 dilapangan kemaren, fenomena kering-terisi-nya danau Tarusan Kamang adalah fenomena BEJANA BERHUBUNGAN antara sungai2 bawah tanah yang ada di kedalaman tebing dan punggungan gunung batugamping di bagian timur dan selatan danau dengan rendahan/cekungan yg dibentuk oleh patahan2. Ketika muka air sungai bawah tanah surut sampai Level lebih rendah dari dasar danau maka danaupun mengering. Dan jika muka air sungai meninggi maka air danaupun terisi. 

Kondisi danau yg terisi air kemaren itu tidak memungkinkan kita untuk memeriksa batuan dasar danau terutama di area yang sering disebut sebagai area Batu Menggigil, dimana katanya didapatkan lubang2 diameter 50cm-an tempat keluar masuknya air danau. Mudah2an pada kesempatan berikutnya ketika air danau mengering kita berkesempatan menelitinya lebih lanjut. Pak Imran memberikan nomer hapenya dan saya juga memberikan nomer hape ke beliau yang berjanji menilpun/sms kalau ada kejadian2 penting terkait kondisi fisik danau. 

Ekspedisi 23 Feb 2013 kemarin itu merupakan acara pembuka rangkaian penelitian2 multi-disiplin Kebumian selanjutnya untuk mengurai fenomena menakjubkan Tarusan Kamang, sehigga kita bisa lebih tawadhu menghayati nikmat keindahan dan pengetahuan yang ada di baliknya. Tentu saja ide pak Bupati untuk mengembangkan Tarusan Kamang jadi daerah untuk Integrated multi-dicipline scientific research & tourism patut kita sambut dengan kunjungan2 riset selanjutnya. Insya Allah nanti bulan Juni/Juli saya diminta untuk memimpin serombongan saintis ahli karbonat dari Afrika mengunjungi batu2 gamping di Indonesia, salah satunya mereka tertarik dengan fenomena Danau Karst Tarusan Kamang ini, tentunya setelah beberapa kali kita datang merampungkan tahap awal penelitian ini. 

Hal2 ke depan yang perlu dilakukan selain menunggu keringnya danau adalah:

  1. caving-speleologi expedition memetakan gua2 dan sungai bawah tanah Tarusan Kamang, 
  2. penjelajahan bukit morfologi, sungai di seputaran danau untuk dokumentasi aspek struktur stratigrafi, 
  3. sampling2 dan testing berbagai jenis air di danau dan sekitarannya, dsb.

 

(Laporan ilmiah lengkap tahap awal insyaalah nanti akan Kami KirimKan u/diposting di web2 terKait) 

Mudah2an berlanjut!

3 Tanggapan

  1. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam expedisi ZDanau Karst “Tarusan Kamang” di Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatra Barat

  2. Hbis lebaran ini 2013 danau tarusan udh kering airnya ssmpai hri ini, kmarin 3/10″2013 sya dtang ksna sampe ke area batu menggigil, trnyata dsna bnyak lubang air msuk kdasar bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: